Mbah Rono tidak Jabat Lagi Kepala PVMBG

suronoSelo Pak Surono atau yang akrab disebut Mbah Rono  secara mengejutkan menyampaikan tidak lagi menjabat sebagai Kepala PVMBG (Pusat Vulkanologi dan  Mitigasi Bencana Gunung). Kabar ini diterima oleh Mujianto pengelola radio komunitas MMC yang juga bergerak di pemberitaan seputar gunung merapi.

Melalui sms beliau menuliskan ” Nyuwun tulung panjenengan infokan kepada teman teman Merapi bahwa Terhitung dari hari ini Kamis 1 Agustus say bukan lagi sebagai kepala Pusat Vulkanonologi dan Mitigasi Bencana Geologi”. Mbah rono juga menyampaikan permohonan maaf kepad warga merapi apabila selama menjabat banyak kekhilafan,  “ngaturaken sedoyo kalepatan dumateng sedoyo sederek-sederek ing sekitar Merapi menawi wonten lepatipun, nyuwun agunging pangapunten” Tulis mbah rono. Tak lupa mbah rono mendoakan warga merapi agar diberkati keselamatan “Mugi – mugi Gusti Ingkang Akaryo Jagad maringi kasugengan lan gesang ingkang harmoni kaliyan Merapi kagem sedoyokonco – konco ing sekitar Merapi. Rahayu ing sami pinanggih. Rahayu Merapi lan sedoyo Penduduk ing sekitaripun Nyuwun pamit” pungkas mbah rono dalam SMSnya.

Perihal sudah tidak menjabat lagi sebagai kepala PVMBG, Mbah Rono menyampaikan komitmennya untuk tetap bersama warga merapi. “Ada awal pasti ada akhir, bahwa sang waktu tidak akan bohong dan selalu tepati janji. Saya telah mengawali, dan mengakhiri tugas saya 1 Agustus 2013 tidak lagi sebagai kepala PVMBG” terang mbah rono. Bahkan mbah rono secara tegas menyampaikan akan senantiasa menemani warga merapi dan tidak merelakan jika warga sendirian saat menghadapi ketidakpastian.

“Sebagai manusia yang punya hati dan  akal budi serta mempercayai Gusti Allah, Jiwa saya ada di dalam masyarakat merapi, selama raga masih bernyawa, saya tidak rela masyarakat di sekitar merapi sendirian menghadapi ketidakpastian saat merapi Menepati Janji” tulis mbah rono. “Saya akan disana bersama saudara-saudara saya sekitar merapi, saya akan peluk saudara-saudara saya penuh kasing sayang dengan akal dan hati saya” imbunya. Beliau berpesan kepada warga merapi hendaknya jangan takut dengan merapi ” Jangan takut teman teman yang terkasih, Merapai adalah berkah, saya Mbah Rono akan selalu berada disamping panjenengan sedoyo, salam hormat dari mantan pelayan dan tetap akan melayani sedoyo sedulur sekitar merapi ” Pungkas Mbah Rono.

Mujianto yang selalu berkomunikasi dengan mbah rono terkait dengan merapi merasa sedih atas kabar ini. Menurut muji bahwa informasi yang diberikan mbah rono banyak memberi pemahaman dan kesadaran baru bagi warga merapi. “Jujur kami sedih dengan kabar ini, maka kami berharap mbah rono tetap bersama warga merapi walaupun sudah tidak menjabat lagi” terang muji.  hal yang sama juga dirasakan oleh pegiat Rakom K FM Magelang Bayu Saptanugraha, “kami berharap mbah rono tetap menemani warga merapi dan pengganti yang baru nantinya juga bisa meneruskan apa yang sudah dimulai dengan baik oleh mbah rono” tegas bayu. (MMC09)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s