Layar Tancap Media Sosialisasi Jalin Merapi

Rapat Jalin Merapi

Pertemuan Jalin Merapi di MMC

Selo – Jalin Merapi. Para pegiat jalin merapi dari berbagai wilayah berkumpul di studio MMC Rabu 3 Oktober 2012. Mereka yang hadir dari Radio Lintas Merapi Klaten, K Fm Magelang, Gewa Swara Magelang, Lahara Magelang dan Gema Merapi Cangkringan Sleman.

Mujianto dari MMC menyampaikan bahwa kondisi puncak merapi mengalami banyak perubahan baik dari titik api yang di dalam kawah bertambah juga beberapa dinding yang pada longsor sambil memperlihatkan film dokumentasi merapi terbaru. “ini adalah gambar gambar terbaru, saya berharap bisa kita jadikan materi untuk penyuluhan kepada masyarakat” terang muji.

Sukiman mengatakan bahwa saat ini banyak perubahan karakter merapi jika dibandingkan dengan yang lalu lalu seperti misalnya tidak adanya kubah pasca letusan. “Masyarakat perlu mengetahui perubahan itu dan Jalin merapi bisa membantu untuk menjelaskannya dengan siaran siaran di radio komunitas anggota Jalin” kata sukiman. Namun menurut sukiman perubahan juga terjadi di masyarakat, dan ini menjadi bencana sosial. “perubahan itu juga ada di tengah tengah masyarakat, misalnya ada beberapa masyarakat yang mulai pragmatis, diajak pertemuan saja tanya berapa transportnya? Ini pasti karena salah urus penanganan pasca bencana” tegas sukiman.

Saat ini memang banyak sekali program program penanganan pasca bencana merapi seperti pembangunan jalan, jembatan, talud, pertanian, peternakan dll namun program pendidikan kebencanaan sangat minim. Menurut peserta diskusi bahwa ruang hampa ini harus dikelola sehingga masyarakat tidak hanya sibuk dengan aktifitas proyek pasca bencana tetapi juga makin sadar dan cerdas untuk menyikapi ancaman bencana. Jalin Merapi berharap dengan segala keterbatasan yang dimiliki akan melakukan sosialisasi dan memberikan informasi tentang merapi kepada warga merapi. Menurut Mart dari Combine bahwa untuk mendukung kerja kerja Jalin Merapi skema pengelolaan Informasi Merapi harus segera bakukan sehingga pola komunikasinya semakin baik. “penggunaan sosial media, dan radio komunikasi bisa dimaksimalkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat termasuk ide layar tancap” terang Mart. (SMS)

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s