Merapi

Merapi yang tak pernah ingkar janji akan selalu menampakkan kemegahannya kepada semua masyarakat di sekitaran merapi baik di wilayah Magelang,Boyolali,Klaten dan Sleman.

Dengan jaringan dan koordinasi yang kuat dan tertata rapi untuk saling berkoordinasi memantau merapi dan perkemabangannya serta mencari jalan terbaik bagaimana cara menyampaian kepada masyarakat lereng merapi itu sendiri.

Hal ini selalu dilakukan oleh Tim Jalin Merapi yang terbentuk dari beberapa Radio Komunitas yand ada di lingkaran merapi untuk saling koordinasi.Jumat 4 Mei 2012 yang bertempat di rumah makan Wukir Asri, Wungkirsari,Cangkringan,Sleman,Yogyakarta , beberapa penggiat Radio Komunitas yang tergabung dalam Jalin Merapi mengadakan Rapat Koordinasi dadakan untuk membahas persiapan dan tindak lanjut anggota Jalin Merapi di lokasinya masing-masing.

Dengan membahas potensi merapi kedepannya secara komunitas di lereng merapi,yang akan di tindak lanjuti mencari informasi secara jelas ke BPPTK terkait aktifitas merapi saat ini dan prediksi kedepannya bagaimana. Serta bagaimana sosialisasi tentang penyadaran terhadap masyarakat lereng merapi tentang PRB ( pengurangan resiko bencana ).

Untuk kedepannya radio komunitas di lereng merapi (Jalin Merapi) akan lebih giat melakukan sosialisasi dengan bahasa komunitas dengan sumber sumber yang jelas dengan berupa ILM ( Iklan Layanan Masyarakat) serta mengadakan talkshow on n off air dengan nara sumber BPPTK menjadi nara sumber di acara talkshow tersebut.

Melanjutkan pengamatan secara berkala dan pendokumentasian kondisi terbaru merapi yang akan disosialisasikan kepada masyarakat dengan menceritakan apa yang dilihat dan keadaan di lokasi baru akan di perjelas arti dan maksud tersebut oleh pihak yang berkompiten yakni dari BPPTK. Dengan sosialisasi dengan sumber yang pasti diharapkan masyarakat akan lebih jelas mengetahui kondisi atau aktivitas merapi,dengan itu akan timbul respon balik dari masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya PRB.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s