MMC Pantau Kawah Merapi

Pengamatan MMCSelo. 1 mei 2012, MMC kembali melakukan pemantauan ke puncak merapi untuk mengetahui kondisi terakhir. Menurut Mujianto pegiat MMC bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan guna mengetahui informasi terkini di merapi. “kami hampir setiap bulan ke puncak merapi untuk melihat dan mendokumentasikan perkembangan merapi” kata muji. Muji menambahkan informasi ini kemudian akan disampaikan kepada masyarakat melalui siaran di radio komunitas MMC serta media sosial.

Kegiatan ini sendiri menjadi rutin dilakukan setelah erupsi merapi tahun 2010, dimana saat itu terjadi kepanikan yang luar biasa dikarenakan minimnya informasi terkait aktifitas merapi secara lengkap. “saat itu informasi, gosip, dan isu bercampur tidak jelas, sehingga semua menjadi panik, sehingga dibutuhkan informasi yang cepat dan bisa dipercaya” kata muji. Maka menurut muji bahwa MMC dan Jalin merapi berusaha dengan segala keterbatasan yang dimiliki melakukan berbagai kegiatan untuk mendorong pengelolaan informasi merapi berbasis pada warga merapi. “kalau ada temuan di merapi kami segera berkomunikasi dengan pihak pihak terkait seperti BPPTK untuk mendapatkan masukan dan keterangan” tegas muji.

Pantauan ke puncak merapi tanggal 1 mei ini muji ditemani oleh Sinam M Sutarno pegiat MMC yang saat ini aktif di JRKI (Jaringan Radio Komunitas Indonesia) dan Andi dari Jakarta. Tim berangkat dari New Selo pukul 00.15 menit dan sampaikan di Pasar Bubar jam 04.00, setelah istirahat sejenak kemudian Muji dan Sinam melanjutkan ke puncak merapi dan tepat pukul 05.00 sampai di puncak. Muji mengatakan bahwa setelah sampai di puncak segera menyusuri tebing sekitar kawah untuk mendokumentasikan aktifitas di kawah. “kita lihat ada titik api namun tidak bisa mendokumentasikan seperti bulan lalu” kata muji. beberapa informasi yang bisa dilaporkan adalah Dinding kawah merapi banyak yang longsor ke dalam kawah, kemudian rongga yang mengarah ke kali gendol semakin melebar akibat longsor. Nardi MMC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s