Warga Miskin harus Terlibat dalam PNPM

MMC Selo. Sebagai program yang maksudkan untuk Penanggulangan Kemiskinan, PNPM MD (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan) musti di dorong agar pro kepada warga miskin baik dari sisi proses maupun sasaran program, hal ini mengemuka dalam Bincang MMC beberapa waktu yang lalu yang disampaikan oleh Koordinator ForPAS (Forum Peduli Aspirasi Selo) Widodo. “Orang miskin harus terlibat, karena PNPM mengenal prinsip Berorientasi pada Masyarakat Miskin dimana Semua kegiatan yang dilaksanakan, harus mengutamakan kepentingan dan kebutuhan masyarakat miskin dan kelompok masyarakat yang kurang beruntung” terang Widodo. Lebih lanjut Widodo mengatakan bahwa Partisipasi terutama warga miskin, menjadi prinsip yang harus ditegakkan, “yang paling memahami kebutuhan warga miskin adalah warga miskin itu sendiri, jadi mereka harus terlibat aktif dan bisa juga ada semacam perencanaan yang khusus bagi warga miskin” tegasnya.

Namun menurut Rinaldi Kabid Pengembangan Kapasitas JRKI mengatakan bahwa mengajak warga miskin berpartisipasi bukan hal yang mudah, apalagi mendorong mereka bersuara, “biasanya kalau sudah ada pejabat, atau elite elite yang ada di masyarakat, warga miskin tidak berani bersuara akan tetapi setelah selesai rapat mereka banyak yang mengeluh, hal ini menunjukan bahwa ruang partisipasi tidak nyaman untuk warga miskin” kata rinaldi. Media komunitas seperti radio komunitas bisa menjadi media alternatif bagi kelompok miskin untuk bersuara ” dengan MMC ini sebenarnya suara warga miskin bisa difasilitasi melalui talk show, atau acara acara hiburan lainnya” ungkap rinaldi. Rinaldi menambahkan bahwa dengan media komunitas ini, pengelola program bisa menjelaskan kepada masyarakat dan sebaliknya warga bisa menyampaikan pendapatnya tanpa harus takut takut.

Widodo mengatakan juga bahwa PNPM ini akan sukses jika prinsip Transparansi dan Akuntabilitas juga berjalan dengan baik. “Transparansi dan Akuntabilitas ini akan semakin memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Pengelola Program, media Radio komunitas bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang pelaksanaan program” tegas widodo. Nrd _ MMC

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s