JRK Jateng Gelar KOPDAR

Selo Boyolali. Bertempat di Studio Radio Komunitas MMC Selo, Boyolali, Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah menggelar Kopdar (Kopi Darat) sebagai media untuk saling bertukar pengalaman masing masing radio komunitas di Jawa Tengah. Kegiatan yang diadakan bertepatan dengan Hari Penyiaran Nasional yang jatuh pada tanggal 1 April 2012 ini juga menegaskan sikap JRK Jawa Tengah terhadap proses revisi UU penyiaran yang sedang berlangsung di DPR RI, demikian dituturkan Rinaldi mantan Ketua JRK Jateng yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas di JRKI (Jaringaan Radio Komunitas Indonesia).

“Diskriminasi terhadap Lembaga Penyiaran Komunitas harus mampu diakhiri dengan Undang Undang yang baru nanti karena sampai saat ini radio komunitas masih mendapatkan perlakuan yang diskriminatif” papar Rinaldi kepada reporter MMC. Rinaldi menjelaskan bahwa bentuk diskrimasi ini dapat dilihat dari lambanya proses perijinan radio komunitas, alokasi frekwensi yang sedikit dan pembatasan pencarian sumber pendanaan bagi rakom. “UU Penyiaran kedepan wajib setidaknya harus memberikan kejelasan ijin yang terjangkau bagi rakom sampai tingkat propinsi saja, alokasi frekwensi untuk LPK minimal 20%, dan rakom boleh iklan khusus Iklan usaha lokal karena ini juga mendorong tumbuynya ekonomi komunitas” papar Rinaldi.

Jambore di Merapi

Kopdar JRK jateng juga memutuskan pelaksanaan Jambore III JRK Jateng yang akan diselenggarakan pada tanggal 28-29 April 2012 bertempat di Radio Komunitas Lintas Merapi, Deles Sidorejo Kemalang Klaten. Pemilihan lokasi ini sendiri melalui diskusi yang cukup panjang karena sebelumnya ada 5 (lima) pilihan tempat yakni Rakom PPK FM Sragi Pekalongan, MMC fm Boyolali, Shakti fm Banjarnegara, SBP fm Kaliwiro Wonosobo, dan Lintas Merapi Klaten. Alasan dipilihnya karena ke empat wilayah yang lain sudah pernah di jadikan tuan rumah pertemuan JRK Jateng, sedangkan klaten belum pernah.

Menurut Sanuri, Pjs Ketua JRK Jateng bahwa jambore nanti kelembagaan dan keanggotaan JRK Jateng perlu dipertegas agar memudahkan proses koordinasi dan konsolidasi. “Peserta Kopdar menegaskan bahwa agenda dalam Jambore nanti Evaluasi program kelembagaan, Perumusan program kerja, Pembentukan kepengurusan dan Pameran Produk Rakom “ terang Sanuri kepada MMC. Terakit dengan Pameran radio komunitas diharapkan agar semakin mudah mengenal dan belajar antar rakom, “Siapkan produk radio untuk eksibisi (pameran) pada Jambore Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah, 28-29 April 2012 di Lintas Merapi FM Klaten, Produk radio bisa berupa : dokumentasi audio/visual, program siaran, produk untuk fund rising” terang Novi Ali pengelola radio Shakti Banjarnegara. NRD_MMC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s