Pendidikan untuk Perempuan

Diskusi Warga Perempuan PemimpinMMC Selo. Peran perempuan di ranah publik diharapkan semakin kuat sebagai wujud nyata dari nilai keadilan gender. Hal ini mengemuka dalam Diskusi Warga yang di gelar di Radio Komunitas MMC fm beberapa waktu yang lalu yang diikuti berbagai peserta dari posyandu, ibu rumah tangga, pengelola mmc, anggota muslimat, dan beberapa peserta yang lain.

Diskusi ini sendiri merupakan jumpa pendengar Drama Radio Pemimpin Super yang sudah di putar di Radio Komunitas MMC selama 25 episode. Banyak kesan yang didapat para pendengar setelah mendengarkan drama radio, misalnya saja yang episode “memimpin dengan jenis kelamin“, Tukinem salah satu peserta diskusi menyampaikan bahwa mendapat pemahaman baru dan keberanian baru, “Saya sangat termotivasi untuk berani bicara dalam pertemuan – pertemuan” kata Tukinem.

Kedepan diharapakan perempuan dari selo menjadi berani menjadi caleg dalam pemilu 2014, dan juga mendapat dukungan dari kaum perempuan, “Dengan perempuan berani tampil maka keadilan gender akan cepat terwujud” tegas Siti. Kemudin dia juga menambahkan bahwa perempuan perempuan sebaiknya memang harus berani memimpin di setiap jenjang pemerintahan dan organisasi misalnya dari tingkat RT. Untuk itu Tinah salah satu peserta diskusi berharap PKK agar tidak sekedar kegiatan rumah tangga, tetapi bisa memperjuangakn hak hak perempuan dan usaha ekonomi produktif, dan Home Industri.

Hal yang terpenting untuk memperkuat kapasitas politik perempuan adalah pemerataan akses pendidikan bagi anak, karena tidak jarang orang tua yang masih beranggapan bahwa anak perempuan tidak perlu sekolah. “Pendidikan itu sangat menentukan, bagaimana pemerintah dan semua pihak mendorong agar semua anak bisa mendapat pendidikan yang layak, partisipipasi politik perempuan akan berawal dari pendidikan ini” pinta Mursidi dari LSD (Lumbung Sumber Daya). Dengan pendidikan inilah beberapa hambatan dan tantangan perempuan dalam berpolitik akan teratasi, “kalau pendidikannya baik, ketidakpercayaan terhadap kemampuan perempuan berpolitik akan terbantahkan” tegas siti. Nardi MMC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s