Dodol Susu calon Andalan Selo

Ibu-Ibu berdaya membuat Dodol Susu

MMC-SELO. Berawal dari kegelisahan karena harga susu yang rendah dan tidak sebanding dengan biaya beternak sapi perah, ibu ibu di dukuh pentongan yang tergabung dalam kelompok BERDAYA berinisiatif untuk membuat makanan olahan berbahan Susu. Atas fasilitasi dari Pemuda Peduli Lingkungan atau Pepeling dan curahan gagasan dari ibu Rudi seorang Dosen dari UNS maka tercetuslah Dodol Susu.

Dodol susu adalah makanan yang dibuat dari susu sapi sebagai bahan baku, lalu tepung beras, tepung ketan, gula, margarin dan gar am. Saat ini sudah di kembangkan dalam 3 (tiga) rasa yakni rasa susu murni, rasa coklat dan rasa jahe. Menurut Ngasiah setiap 15 Liter susu dapat diolah menjadi 40 (empat puluh) doz dodol yang masing masing berisi 10 buah. Setiap dusnya saat ini dijual dengan harga Rp 7.500,00.

Ngaisah menuturkan bahwa karena masih dalam tahap inisiasi, kelompok berdaya belum memproduksi secara rutin “kami memproduksi setiap ada pesanan saja” katanya. Bahkan dodol ini sudah di pesan sampai salatiga, hal ini karena dibantu promosinya oleh DKUB (dari kita untuk boyolali) sebuah kelompok anak muda yang sangat memiliki perhatian terhadap pengembangan potensi Boyolali.

Ternyata walaupun dalam skala kecil, usaha ini telah membantu peningkatan kesejahteraan keluarga anggota kelompok. “Harapan kami kedepan, usaha/kegiatan kelompok menjadi semakin berkembang dan maju sehingga dapat semakin mensejahterakan anggotanya” Tutur Siti Ngaisah ketua kelompok. dia juga berharap kelak usaha ini makin sukses dan bisa menjadi penyokong ekonomi masyarakat. selain peningkatan permodalan, ngaisah juga berharap agar nanti makanan ini bisa mendapatkan ijin dari Depkes sehingga akan semakin yakin di konsumsi oleh masyarakat. (Mujianto_MMC)

3 comments

  1. Saya pesen masing-masing rasa satu ya mas Muji.

    Btw, setuju sama Pak Odydasa.
    Lalu, saya pikir akan lebih menarik jika gambar produk beserta kemasannya yang ditampilkan. Akan saya bantu promosi.

    Salam,
    Adriani

    1. makasih banyak mbak adriani, nanti di kolom potensi akan kami tuliskan berbagai potensi yang ada insyalloh lengkap dengan fotonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s