Perempuan Desa Bersuara

MMC

Bincang MMC

SELO. Setelah terpilih dan dilantik sebagai Kadus IV desa Samiran, Apti Wiyanik hadir dalam bincang bersama yang di gelar Radio Komunitas MMC fm sabtu 28 Januari 2012 yang mengambil tema perempuan bersuara.

Figure yang satu ini memang memiliki nilai tersendiri khususnya di desa samiran, karena menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai perangkat desa samiran. Pada tahun 2004 memberanikan diri untuk menjadi Calon Legislatif untuk memanfaatkan quota perempuan 30%. “saat itu ada syarat keterwakilan perempuan 30%, jadi ya saya manfaatkan kesempatan itu” terang apti saat Bincang bersama. Walaupun belum berhasil namun setidaknya ini menjadi ajang pembuktian bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama.

Sebagai perangkat desa perempuan satu satunya, Apti memiliki semangat untuk menunjukan bahwa perempuan juga bisa berprestasi dan mengabdi pada masyarakat misalnya dalam pengembangan potensi desa seperti kebudayaan, pertanian, pariwisata dll. Bahkan ada satu penanggap dari SMS ada yang berharap wadah organisasi perempuan seperti PKK tidak sebatas urusan masak memasak. Apti menanggapinya bahwa memang untuk memperkuat perempuan memerlukan wadah yang bisa menjadi media saling belajar. “PKK, Posyandu dan kelompok Dasa Wisma bisa dikembangkan untuk saling menularkan pengetahuan dan mengembangan potensi, karena sebenarnya potensi perempuan di selo sudah cukup bagus” ungkap apti. Wadah wadah ini menurut apti sangat potensial untuk menjadi ajang latihan bagaimana perempuan mengemukakan pendapat dan menyuarakan apa yang menjadi kebutuhannya. Pada akhirnya menurut apti bahwa saat musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) nanti perempuan bisa berargumentasi. (NRD)

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s