Parade Nusantara Solo Raya Tuntut Pengesahan RUU Desa

Demo Parade Nusantara di Kartosuro menuntut disahkannya UU Desa dan Alokasi Dana 10% dari APBN

Kartasura: Ribuan perangkat desa se-Solo Raya yang tergabung dalam Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara, Kamis (12/1), berunjuk rasa menuntut pengesahan Rancangan Undang-undang Desa.  Para perangkat desa menuntut pengesahan RUU Desa sebab RUU itu memberikan harapan akan pembangunan di masing-masing desa di Tanah Air. Satu poin dalam RUU Desa itu menyatakan bahwa 10 persen dana APBN wajib disalurkan ke desa-desa.

Agus Tri Raharjo, ketua Parade Nusantara Solo Raya mengatakan bahwa dengan adanya anggaran dana khusus untuk desa sebesar 10%, maka desa akan bisa merencanakan pembangunan yang lebih mandiri. “Dengan alokasi block grant 10% untuk desa, maka desa bisa lebih sejahtera dari sekarang dan ini juga bisa mencegah arus urbanisasi besar-besaran dari desa ke kota,” tambah Agus.

Sementara itu Tarmuji, salah satu peserta aksi menganggap bahwa pengesahan RUU Desa ini akan membebaskan desa dari marjinalisasi. “Sejak jaman orba dulu, Desa selalu dimarjinalkan, padahal sebagian besar aset negara ini ada di desa. Desa juga dimarjinalkan dalam bidang politik, kalau Bupati, Gubernurdan Presiden bisa berpolitik selagi menjabat, sementara Kepala Desa dilarang,” ujarnya. “SBY sudah berkali-kali bilang akan mengesahkan, namun sampai sekarang tak ada realisasinya,” keluh Tarmuji.

Selain diikuti oleh unsur perangkat desa, aksi ini juga dihadiri oleh pihak legislatif, salah satunya Juliatmono, ketua DPRD Kabupaten Karanganyar. Dalam orasinya Juliatmono mengatakan bahwa alokasi dana sebesar 10% untuk desa itu sudah selayaknya, “Desa adalah ujung tombak pembangunan, sehingga dana yg dialokasikan hrs proporsional, maka dari itu RUU Desa harus segera disahkan.” tegas Juliatmono. Juliatmono juga berjanji bahwa ia juga akan ikut mengawal tuntutan ini sampai disahkan, “Sebagai wakil rakyat, saya wajib membawa aspirasi dari desa dan akan ikut mengawal sampai UU Desa disahkan.” janjinya.

Rencananya perwakilan Parade Nusantara ini akan berangkat juga ke Jakarta, untuk menghadiri sidang DPR pada 14 Januari mendatang. Sidang itu akan membahas RUU Desa. (FR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s