MMC Rayakan Pergantian Tahun Bersama Para Relawan

MMC Selo.  Tawa akrab dan senda gurau menggema  dari sebuah rumah di Dukuh Kuncen RT 01/01 Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali pada malam pergantian tahun baru. Rumah tersebut juga menjadi basecamp kegiatan para pegiat radio komunitas MMC FM. Di tempat itulah, malam itu seluruh relawan yang pernah mengabdikan diri mereka dalam sebuah kerja kemanusiaan di bawah jaringan Jalin Merapi  di Kabupaten Boyolali saat bencana Mega Erupsi Merapi melanda pada tahun 2010 lalu kembali berkumpul. Meski hanya dalam suasana penuh kesederhanaan, namun suasana kekeluargaan tetap terasa kental. Sambil sesekali menikmati camilan dan teh hangat yang tersedia sembari membetulkan selimut/sarung sebagai penghangat badan, obrolan-obrolan pun mengalir dengan sesekali diselingi ejekan-ejekan ringan pelepas kangen setelah sekian lama tak berkumpul.

Temu Kangen Relawan Jalin

Di sela–sela obrolan lepas, Mujianto, salah satu punggawa MMC FM menjelaskan tentang sejarah perjalanan MMC FM mulai dari terbentuk pada tahun 2001, kemudian kerja MMC di mitigasi bencana gunungapi di Merapi dan juga kegiatan-kegiatan berbasis komunitas yang diselenggarakan MMC. Mujianto juga  meminta kepada seluruh relawan untuk tetap bersedia membantu kegiatan MMC FM meski Merapi sedang tenang, karena MMC FM masih punya kegiatan sosial kemasyarakatan yang membutuhkan bantuan dari rekan-rekan relawan. Menanggapi permintaan Mujianto tersebut, serentak seluruh relawan yang hadir menyatakan sanggup untuk ikut andil dalam kegiatan yang dilaksanakan MMC FM. Kesanggupan rekan-rekan relawan ini menunjukkan bahwa rasa persaudaraan yang terbentuk lewat kerja kemanusiaan pada erupsi 2010 lalu masih terus terjaga hingga sekarang, meski seringkali hanya bisa berkomunikasi via media jejaring sosial.

Akhirnya, untuk merayakan pergantian tahun, para relawan membuat api unggun kecil di halaman sambil  menikmati suguhan percik-percik kembang api yang disulut oleh para pendaki di sepanjang jalur pendakian Merapi dan juga Merbabu. Seraya berharap bahwa tahun 2012 akan menjadi masa yang lebih baik bagi kehidupan kita semua. (Farizky Rahman)

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s