Prio Utomo : Pelopor KB Vasektomi dari Samiran

Pak Harjo
KB atau Keluarga Berencana merupakan program pemerintah yang dimaksudkan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Namun program ini pada kenyataannya tidak lagi menggema sebagaimana saat orde baru berkuasa.
beberapa waktu yang lalu MMC  mendiskusikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan program KB di Desa Samiran, Kecamatan Selo. Bidan Sini menyampaikan bahwa KB di Samiran memang sudah cukup baik, bahkan hampir 90 % perempuan Usi Subur sudah menjadi peserta KB. Namun kesadaran ini masih banyak terhenti di kalangan perempuan saja, sedangkan untuk laki laki masih sangat rendah. “Sehingga dibutuhkan upaya upaya yang serius untuk mendorong bagaimana kesadara Bapak Bapak juga meningkat” tegas bidan sini. Namun dalam situasi seperti ini ada hal yang menarik di Samiran , dimana ada sekelompok Bapak Bapak yang membentuk kelompok laki laki peserrta KB Vasektomi, Bidan Sini menuturkan ” Di Samiran ada kelompoik Prio utomo, kelompok ini isinya Bapak bapak yang sudah KB Vasektomi” lebih lanjut dia mengatakan “dengan kelompok ini kita menjadi terbantu bagaimana sosialisasi KB langsung dari pesertanya” imbuhnya.

MMC juga berhasil mewawancarai salah satu anggota kelompok Prio utomo, Bapak Harjo Silam. Menurut Pak Harjo kelompok ini didirikan oleh para peserta Vasektomi dengan tujuan sebagai media saling berdiskusi tentang vasektomi itu sendiri. “kami diskusi tentang vasektomim dan akan membantu menjelaskan kepada masyarakat yang lain sehingga tertarik KB mas” kata pak harjo.
Mengenahi pilihannnya ikut vasektomi, pak harjo mengatakan bahwa merasa kasihan dengan istrinya jika harus KB, “KB bukan hanya untuk perempuan mas, Laki laki juga punya tanggung jawab yang sama” tegas pak harjo.

Untuk menggiatkan KB kembali, Pak Suwo selaku petugas penyuluh KB Desa Samiran mengatakan bahwa dia dan petugas yang lain senantiasa menggalakkan sosialiasasi kepada masyarakat. Adanya kelompok Prio Utomo akang sangat membantu mempercepat proses sosialisasi, “kalau ada kelompok begini kami mudah sosialisasinya, karena masyarakat bisa mendengar langsung dari peserta KB, bukan hanya kata petugas” papar pak Suwo. Pak Suwo berharap agar kedepan KB makin sukses dan masyarakat semakin sadar untuk berKB

Sunardi MMC fm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s