Petani Merapi Tolak RPP Tembakau

Hampir lima ribuan petani tembakau Merapi Merbabu turun gunung menggelar aksi di depan Kantor Pemkab Boyolali. Kedatangan mereka menuntut penghentian pembahasan RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) tentang tembakau. Widodo salah satu petani dari desa samiran mengatakan bahwa saat ini petani resah dengan pembahasan RPP tembakau karena memang mansyarakat selo sangat tergantung dengan tembakau untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. “kami hidup dengan tembakau sejak dari dulu, kalau tembakau sampai dilarang bagaimana kami akan memenuhi kebutuhan hidup mas? ” paparnya kepada reporter MMC fm.

Sambil menunggu para perwakilan berdialog dengan Pemkab Boyolali, secara bergantian petani perwakilan dari desa desa di Kecamatan selo berorasi, salah satunya adalah kasno yang secara tegas menolak segala jenis produk impor, “kita sudah diserang produk luar, labu siam dari taiwan, jambu dari bangkok,maka jangan sampai tembakau boyolali diganti tembakau luar, karena ini sudah menjadi produk andalan boyolali” tegas kasno dengan lantang. Orasi yang lain adalah Supadi dari selo duwur mengatakan “seharusnya pemerintah membantu rakyat, bukan malah menghancurkan sumber sumber ekonomi rakyat” ungkapnya. lebih lanjut supadi meminta jangan mengambinghitamkan tembakau sebagai penyebab sakit dan kematian, “kematian itu bukan salah tembakau tetapi itu Urusan Tuhan” Tegasnya.

Wisnu mewakili Pemkab Boyolali setelah berdialog dengan perwakilan petani kemudian berbicara dihadapan masa aksi, beliu mengatakan bahwa pemkab Boyolali mendukung tuntutan masyarakat selo yang menghendaki penghentian pembahasan RPP tembakau. “Pemkab Boyolali, menolak pembahasan larangan tembakau dan akan mendukung semua aspirasimasyarakat” tegasnya kepada masa aksi. Pernyataan ini disambut dengan tepuk tangan dari semua masa aksi, Triyanto Koodinator lapangan AKSI ini mengatakan bahwa janji ini harus ditepai dan pemkab diminta

untuk membantu petani dalam memperjuangkan tuntutan untuk kelangsungan pertanian tembakau. ” Aksi ini bukan hanya satu satunya, karena akan terus berlanjut sampai terpenuhinya tuntutan” teriaknya. Triyanto menambahkan “sampai senayan pun akan kita lawan”, hal yang sama juga disampaikan Trijoko selaku tokoh pemuda selo menegaskan bahwa perjuangan ini harus terus dilanjutkan “semua petani harus bersatu untuk memperjuangkan aspirasi ini” tegas Trijoko.

Sunardi MMC fm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s