Petani Selalu Merugi

Persoalan harga panen bagi petani memang membuat pusing, di kala petani mempunyai hasil pertanian yang sangat diharapkan untuk kelangsungan hidup mereka sudah pastilah soal harga selalu turun atau anjlok yang menyebabkan kerugian bagi petani sendiri.

Berbagai usaha demi memperoleh keseimbangan harga telah di lakukan oleh petani, dengan cara simtim cocok tanam tumpang sari, memang dalam satu sisi petani tidak dapat mengandalkan satu komonitas tanaman sebagai ungulan tetapi petani lebih memilih dalam satu bidang lahan pertanian terdapat banyak tanaman dengan tujuan di kala nantinya paska panen ada salah satu tanaman yang mempunyai harga tinggi meski dengan jumlah hasil yang berkurang apabila dengan sistim tumpang sari.

Melihat hambatan soal harga dan pasar maka petani tidak dapat berbuat banyak di karenakan harga dan pasar selalu tidak seimbang bahkan tidak berpihak pada petani,permasalahan petani seperti ini patut menjadi sebuah pemikiran bagaimana kedepan dalam hal ini Pemerintah terkait ambil sikap dalam pengelolaan paska panen,dan penataan hasil produksi pertanian sehingga di kala panen raya tidak mengalami over produksi atau kelebihan produksi panen. nrd/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s