Kenduri Memetri Tuk Di SELO

Kesekian kalinya Kendurin Keselamatan untuk Memetri Tuk (Mata air) yang di lakukan oleh warga masyarakat Dukuh Kuncen Desa Samiran pada hari selasa 12 februari 2008. Sebagai ucapan rasa syukur untuk segala anugrah dari yang Maha Kuasa atas pemberian berupa sumber mata air yang terletak di Dukuh Kuncen Desa Samiran Kecamatan Selo. Kendurin ini sudah di lakukan berpuluh-puluh tahun lamanya yang merupakan warisan dari para sesepuh dan nenek moyang yang selalu diadakan setiap tahun di bulan Sapar.

Tradisi ini diawali dengan acara bersih-bersih di sekitar mata air dan lingkungan dukuh di mana ada 4 tuk/sumber mata air yang terletak di wilayah Dukuh Kuncen yaitu Tuk Dadap Eri, Tuk Setren, Tuk Pampung dan Tuk Tampah yang merupakan tuk/sumber mata air tabungan di musim kemarau apabila sedang dilanda kekeringan atau ketika tuk utama dari wilayah gunung Merbabu tidak mengalir. Sumber mata air ini dimanfaatkan oleh 4 kampung , Kuncen, Samiran,Gebyok dan Sidosari, tidak menutup kemungkinan dari wilayah Desa Surateleng pun memanfaatkanya ketika juga dilanda kekeringan meski harus menempuh jarak hampir satu setengah kilo meter atau hampir satu jam perjalaanan.

Kenduri dilakukan di dua tempat yaitu di rumah kepala Dukuh dan di pelataran dekat sumber mata air yang sudah disediakan warga masyarakat. Setiap warga membawa sebuah tumpeng yang dilengkapi ubo rampenya(perlengkap-red) lantas dibawa ke rumah kepala Dukuh. Kemudian sebagian warga melakukan kenduri yang berada di dekat sumber mata air dengan membawa satu buah tumpeng dan sesaji di 4 sumber mata air.

Tradisi ini sudah sangat akrab di tingkatan warga bahkan mereka menggunakan momen ini sebagai ajang untuk saling silaturohmi diantara sanak saudara. [Nrd][SB]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s