Desa Samiran Selenggarakan AKP (Analisis Kemiskinan Partisipatif)

Keberlanjutan dari program Desa Samiran tentang AKP-Analisis Kemiskinan Partisipatif, telah masuk dalam penyusunan kuisioner atau data sensus setelah tim 12 melakukan FGD di 4 wilayah dusun tentang klasifikasi kesejahteraan.

Dari hasil pertemuan FGD tersebut, para warga menentukan klasifikasi kesejahteraan dengan melihat kondisi yang ada di wilayah mereka menjadi 4 kelompok kesejahteraan yaitu kelompok kaya, kelompok sedang, kelompok miskin dan kelompok sangat miskin. Para warga memandang kelompok kesejahteraan ini dari latar belakang yang meliputi beberapa aspek atau permasalahan yang ada di wilayah mereka. Adapun aspek yang sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat dan menjadi indikator yang dilihat masyarakat meliputi 7 aspek besar meliputi, penghasilan, lahan,ternak rumah, pekerjaan, kesehatan, pendidikan.

Akhirnya temuan dari masyarakat yang merupakan kriteria dan indikator tersebut oleh tim 12 disusun menjadi sebuah kuisioner atau bahan yang nantinya sebagai data sensus. Dengan tujuan masyarakat dapat menentukan kelompok kaya sampai kelompok sangat miskin menurut pandangan masyarakat sendiri yang terjadi di sekitar mereka bahkan mereka dapat mengetahui apa penyebabnya menjadi kaya dan miskin sampai pada permasalahan yang dihadapi. [Nrd][SB]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s